Senin, 29 November 2010

Ekskursi

Artikel ini dari Beb'08

Seperti yang kita tahu, kita duduk di bangku kuliah jurusan teknik pertambangan adalah untuk mempelajari teknik-teknik pertambangan yang ada di lapangan. Dari teori itu kita berharap nantinya bisa memecahkan masalah yang terjadi di lapangan bila praktek yang terjadi tidak sesuai dengan teori yang diajarkan. Maka dari itu kita harus membandingkan antara teori dan praktek. Bagaimana cara kita melihat praktek pertambangan? Tentu saja adalah dengan mengunjungi perusahaan dan melihat operaisnya secara langsung. Di jurusan kita, ada empat jenis kegiatan ‘terjun’ ke perusahaan. Mereka adalah, Ekskursi, Kuliah Kerja (Kulker), Kerja Praktek (KP), dan Tugas Akhir (TA). Poin terakhir bisa menjadi pengecualian karena TA tidak harus di perusahaan, namun bisa juga di laboratorium kampus.
Bagi angkatan 94 sampai 06, kegiatan-kegiatan tersebut sudah tak asing lagi dan bahkan sekarang pun ada yang sedang melaksanakan TA. Sedangkan bagi angkatan 07, rata-rata dari mereka sudah melaksanakan KP dan kita tinggal menunggu kapan dipresentasikan. Bagi angkatan 08, KP adalah agenda yang sudah ada di depan mata. Rata-rata dari mereka pun sedang sibuk-sibuknya menyempurnakan proposal untuk kemudian dikirim ke perusahaan yang dikehendaki. Bagi angkatan 09, Kulker-lah yang sedang ada di depan mata. Mereka pun sedang menyempurnakan proposal mereka. Nah, bagi angkatan 2010, ke empat kegiatan tersebut tentu sangat asing di telinga. Untuk itu penulis akan menjelaskan mengenai ke empat kegiatan tersebut. Untuk edisi minggu ini penulis akan menjelaskan kegiatan ekskursi.
Ekskursi adalah kegiatan mengunjungi perusahaan untuk melihat secara langsung kegiatan penambangan. Peserta dari ekskursi ini adalah angkatan baru (wajib) serta angkatan lama (tidak wajib). Kegiatan ini didampingi oleh biasanya dua orang dosen untuk mendampingi mahasiswa. Di lapangan, mahasiswa juga akan didampingi oleh perwakilan perusahaan untuk menjelaskan proses atau cara kerja dari kegiatan atau alat-alat yang ada di lapangan. Disana mahasiswa bisa bertanya apa yang belum dimengerti kepada pendamping tadi atau kepada senior yang lebih tahu. Kegiatan ini berlangsung biasanya dua hari atau tergantung dari kebijakan perusahaan. Mahasiswa biasanya disediakan mess karyawan sebagai tempat menginap. Untuk makanan? Jangan khawatir karena perusahaan menyediakan makanan yang lezat untuk kita. Pada saat angkatan 08 ekskursi di PT Bukit Asam Tbk di Palembang bahkan disediakan pula band lengkap dengan personilnya.
Berdasarkan pengalaman, kegiatan ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa. Mereka hanya melihat lihat saja tanpa mau bertanya. Ada sih yang bertanya tetapi hanya segelintir orang saja. Yang lain? Lebih banyak mengikuti saja. Penulis yakin sesungguhnya banyak pertanyaan yang berkecamuk di dada namun mereka merasa sulit dan takut untuk mengungkapkannya. Tidak jarang juga mahasiswa malah sibuk berfoto dengan berbagai gaya. Saat pendamping sedang menjelaskan namun tak jauh dari dia mahasiswa malah berfoto-foto bukankah suatu pemandangan yang kurang sedap diapandang?
Maka dari itu untuk mahasiswa angkatan baru yang akan melaksanakan ekskursi kelak, penulis menyarankan hal-hal sebagai berikut:

Siapkan kondisi badan agar fit
Bawalah buku (dan bolpoint tentu saja) untuk mencatat hal-hal penting
Jangan ragu dan malu untuk bertanya
Jelaskan kepada teman apa yang mereka belum mengerti


Penulis kira hanya itu yang bisa disampaikan untuk edisi kali ini. Kita akan berjumpa di edisi berikutnya beberapa minggu lagi.
Tetap semangat!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar